Wordpress Blog of Rinus Muntu


Kisah John Titor, pengelana waktu dari tahun 2036.
April 14, 2009, 3:05 AM
Filed under: Essay

Meskipun telah ada cerita kartun fiksi yang amat populer di Indonesia mengenai mesin waktu, Doraemon, beberapa orang di Indonesia masih percaya dengan salah satu cerita nyata dari Amerika Serikat mengenai pengakuan seseorang tentang perjalanan melintasi waktu yang membuat dunia gempar pada tahun 2000 hingga sekarang yang dilakoni oleh “John Titor”, seseorang yang mengaku berasal dari tahun 2036.  Banyak orang yang tidak percaya akan semua yang dia ceritakan dan banyak pula yang menganggap bahwa John adalah orang gila dan hanya ingin populer. Banyak orang yang berpikir bahwa lebih memungkinkan melakukan perjalanan ke masa depan dengan cara menaiki roket yang hampir sampai kecepatan cahayanya keluar angkasa, lalu kembali lagi ke bumi dengan membawa konsep hukum relativitas yang menyatakan kalau waktu di dalam roket lebih pelan daripada waktu di obyek yang relatif “tetap ditempat”, yaitu bumi. Jadi, mungkin bisa saja orang naik roket kecepatan tinggi keluar dan kembali selama satu tahun, tapi ternyata di bumi sudah berjalan selama 2 tahun.

John masuk pada sebuah forum milis Time Travel Institute pada Nopember 2000 – Maret 2001.  Dia sempat mengambil gambar tentang mesin waktunya dan menyebarkan foto – foto mesin waktunya beserta buku manualnya kepada beberapa orang. Pada tanggal 21 Maret 2001, John mengucapkan selamat tinggal kepada forum tersebut dan dia kembali ke tahun 2036. Awalnya, John masuk ke dalam forum dengan menggunakan nama TimeTravel_0 tepatnya pada tanggal 2 Nopember 2000. “John Titor” bukanlah nama asli dari orang tersebut, dia merahasiakan nama aslinya. Nama John Titor baru dipakai setelah John diharuskan memasukkan nama untuk sign up agar mendapatkan account di Art Bell BBS di mana kemudian ia melanjutkan menulis beberapa pengalamannya sebagai seorang pengelana waktu dari tahun 2036. Banyak pula orang yang percaya dengannya dan menanyakan beberapa hal seputar masa depan. Spekulasi dan investigasi tentang siapakah John Titor sebenarnya, dan mengapa John Titor masuk ke dalam milis dan membocorkan sedikit rahasia tentang masa depan itu masih dipertanyakan hingga saat ini.

John mengaku sebagai seorang militer Amerika Serikat yang datang dari tahun 2036 dimana pada saat itu ada sistem Unix yang sedang mengalami time error dan dikenal dengan sebutan “UNIX 2038 Timeout Error”. John ditugaskan oleh pemimpinnya untuk datang ke tahun 1975 untuk mengambil sebuah komputer portabel pertama di dunia yaitu IBM 5100 (di beberapa tempat ada yang menyebutnya IBM 5110) karena di dalam pc tersebut terdapat suatu bahasa Unix yang dapat memecahkan berbagai bahasa Unix. John dipilih oleh petingginya untuk melaksanakan tugas mulia ini karena kakeknya John terlibat langsung di dalam pembuatan dan pemrograman komputer IBM 5100 ini. Menurut John, teknologi di dalam pc tersebut hanya diketahui oleh segelintir orang dari IBM dan teknologi tersebut tidak pernah lagi di pasang di dalam pc pada generasi selanjutnya hingga tahun 2036. Maka dari itu, IBM 5100 sangat diperlukan pada tahun 2036 yang sedang mengalami time error pada sistem komputernya. Hal ini kemudian dikonfirmasi kepada pihak IBM dan diakui pula oleh pihak IBM. Pihak IBM kaget karena mereka mengakui bahwa hanya 5 orang saja yang mengetahui hal tersebut dan itu terjadi pada tahun 1975.

John berkata bahwa dia lahir di Tampa Bay, Florida, pada tahun 1998. Dalam perjalanan pulang ke tahun 2036 setelah mendapatkan IBM 5100 di tahun 1975, dia mengunjungi tahun 2000 untuk menggenapi janjinya kepada sang ayah dan memperingati keluarganya dan dunia tentang bahaya – bahaya yang akan terjadi di masa depan. Dia juga sempat melihat dirinya pada waktu itu yang masih berumur 2 tahun. Seperti pada sebuah film “Back To The Future”, John memasang alat mesin waktunya di dalam mobil yang dikendarainya untuk melintasi waktu. Sebelum kembali ke tahun 2036, John meminta pada sang ayah untuk merekam prosesi mesin waktu yang sedang dia pakai untuk kembali ke tahun 2036 dan di upload ke internet melalui pengacara keluarganya, Larry Harber. Tapi entah mengapa rekaman video tersebut tidak jadi di upload. Ada yang berkata bahwa rekaman itu telah diambil oleh pihak intelijen Amerika Serikat dan akan dihancurkan. Video keberangkatan John juga sempat dipublikasikan ke beberapa orang namun tidak dipublikasikan kembali oleh orang – orang yang telah diberikan. Menurut cerita dari John, kini keluarga John sudah pindah dari Florida ke Nebraska setelah John kembali ke tahun 2036. Percaya atau tidak, seminggu setelah keluarga John pindah dari Florida, terjadi badai topan yang dashyat yang menerjang Florida. John berkata bahwa keberadaan keluarganya sangat dirahasiakan agar terhindar dari publik yang ingin mengetahui mengenai dirinya lebih jauh.

Setelah kepergian John untuk kembali ke asalnya pada tanggal 21 Maret 2001, John dianggap oleh forum tersebut sebagai orang yang cerdas dan mempunyai ilmu pengetahuan sains yang mendalam, walaupun John mengakui bahwa dia adalah seorang yang memiliki spesialisasi di dalam bidang sejarah, bukan di dalam bidang komputer maupun sains. Sebelum pergi, John sedikit membocorkan tentang mesin waktu yang dia pakai untuk mengarungi waktu. John mengaku mesin waktu yang dipakainya adalah tipe C204 yang dapat memuat sampai 3 orang. Mesin ini dibuat dan dimiliki oleh militer Amerika Serikat di tahun 2036. John berkata bahwa mesin waktu bukanlah barang yang aneh di jamannya. Ada lagi tipe lebih besar yaitu tipe C206 yang dibuat oleh GE (General Electric) dan dapat memuat hingga 7 orang. Mesin ini hanya mampu membawa mereka maksimum 60 tahun ke masa silam dengan kecepatan 10tahun/jam. Militer Amerika Serikat sejak tahun 1989 telah mengembangkan alat penghasil spinning gravity device (gravitasi berputar) di dalam proyek 8914-I. Alat ini sangat besar dan tinggi, berputar dengan poros vertikal berlawanan dengan jarum jam. Putarannya sangat cepat sehingga dimensi waktu dan ruang akan terdistorsi. Energi yg dihasilkan adalah elektromagnetik. Alat ini mirip sekali dengan C204.

mesin-waktu-john-titor2Mesin waktu yang digunakan oleh John Titor.

 

Dibawah ini adalah komponen – komponen yang diperlukan untuk menciptakan sebuah gravity distortion system, yang akan memungkinkan perjalanan waktu:

  • Magnetic housing units for dual microsignularities.
  • Electron injection manifold to alter mass and gravity of microsingularities.
  • Cooling and x-ray venting system
  • Gravity sensors (VGL system)
  • Main clocks (4 cesium units)
  • Main computer units (3)

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai mesin waktu yang diungkapkan oleh John Titor:

  1. “Apapun yang saya lakukan dengan pergi ke masa silam tidak akan merubah masa depan saya, karena kita hidup di dalam sebuah dimensi yang berbeda.” 
  2. “Mesin waktu sangat berat bentuknya, panjang seperti box amunisi dengan beban mencapai 500kg, anda harus menaruh alat itu di dalam mobil dengan suspensi yang kuat. Jika dinyalakan akan terbentuk oleh suatu ‘black hole’ – ‘lubang hitam’ - kecil yang mirip dengan donat, dan disaat itulah semuanya akan terhisap ke dalam ‘black hole’ itu termasuk mobilnya menuju ke tempat tujuan. Dalam proses perjalanan akan sangat panas, sulit untuk bernafas, dan jika tujuan anda nanti ternyata ada benda atau tembok yg menghalangi perjalanan anda di titik poin yang sama, maka secara langsung mesin waktu akan ‘switch off’. Jadi, anda tidak akan pindah dari 1 titik ke titik yg lain, tapi anda pindah ke dimensi yang lain.”
  3. “Hukum fisika Kuantum Everett-Wheeler adalah teori yang benar untuk mesin waktu, model ini juga bisa disebut “Many-Worlds Interpretation” atau dengan kata lain banyak hasil kemungkinan yang akan terjadi di masa depan berdasarkan keputusan saat ini. Contohnya, jika saya kembali ke tahun 1975 untuk membunuh kakek saya, lalu saya kembali ke 2036, saya akan tetap ada/eksis, begitupun orang tua saya. Tetapi di dimensi tahun 1975 dan masa depannya saya dan orangtua saya tidak eksis. Inilah yang disebut many worlds interpretation.”

Dengan beberapa ungkapan mengenai mesin waktu di atas, dapat diketahui bahwa John adalah seseorang yang ‘terbuka namun tertutup.’ Maksudnya adalah dia akan memprediksi beberapa kejadian yang akan terjadi di masa depan namun tidak akan memberikan secara rinci bagaimana kejadian itu akan terjadi, walaupun dalam beberapa kasus dia menyebutkan beberapa oknum kelompok maupun negara dalam informasinya. John tidak akan memberikan tips untuk memperkaya diri, tidak akan memberikan orang untuk memprediksi hari kematian, dan tidak akan menyebutkan nama lengkap seseorang yang akan berpengaruh di masa depan nantinya. Dalam posting yang ditulis oleh John selama 5 bulan, dia memprediksikan ada beberapa hal dan fakta yang akan terjadi:

  1. John berkata bahwa internet pada masanya tidak tergantung pada ISP (Internet Service Provider). Internet model baru bisa “berdiri” sendiri yang terpisah dari backbone, bisa diinstal di mana saja, bisa dipindah – pindah, dan mengisi energinya sendiri. Hal ini telah diwujudkan dengan teknologi Wi-Fi dan sejenisnya.
  2. John menyebutkan inisial ‘Tipler’ dan ‘Kerr’, ilmuwan yang akan berpengaruh dengan mesin waktu. Nama kedua orang ini dilacak keberadaannya dan ternyata mereka eksis dan mereka adalah profesor fisika.
  3. Pada awal tahun 2001, John menyebut sebuah puisi berjudul “A Soldier’s Winter” (Musim Dingin Seorang Tentara). Dia mengaku bahwa puisi tersebut ditulis oleh seorang personil militer Amerika Serikat. Saat penulis puisi itu meninggal, puisinya dirangkai ulang dan dijadikan simbol di masa – masa John menjadi militer. Pada kenyataannya, seorang pensiunan kolonel dari Angkatan Darat Amerika Serikat bernama Larry Cluck menulis puisi berjudul “A Soldier’s Winter”.
  4. Konsep ‘black hole’ yang menjadi dasar mesin waktu akan dikemukakan oleh CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire) pada tahun 2001. Pada kenyataanya di tahun 2000 – 2001 belum banyak orang yang mengetahui tentang organisasi CERN. Ternyata benar pada tahun 2001, CERN menyatakan menemukan konsep ‘black hole’.
  5. John memberikan rincian mesin waktu yang dia pakai kepada kita, yang berisi “Magnetic Housing Units for dual microsignularities, Electron injection manifold to alter mass and gravity of microsingularities, Cooling and x-ray venting system, Gravity sensors (VGL system), Main clocks (4 cesium units), Main computer units (3).” Para ilmuwan pada zaman sekarang menyatakan dengan mesin dan cara operasional yang disampaikan John memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan lintas waktu.
  6. Prediksi John tentang Amerika Serikat bahwa mulai tahun 2004 Amerika Serikat akan mulai terjadi perang saudara, dimana antara tahun 2004 – 2008 terjadi demonstrasi dan pergolakan di dalam Amerika Serikat, tahun 2008 – 2015 adalah puncak dari perang saudara itu. Hal ini tidak terbukti mengingat sekarang kita sedang berada di tahun 2009 dan tidak ada yang terjadi di dalam tubuh Amerika Serikat kecuali krisis ekonomi yang melanda seluruh dunia.
  7. Perang dunia ke - 3 akan dimulai pada tahun 2015. Dia menyatakan bahwa Rusia akan menyerang Amerika Serikat dengan nuklir, dan secara langsung perang saudara di Amerika Serikat akan berhenti dan mereka bersatu melawan Rusia. Akhirnya Amerika Serikat hanya akan terbentuk menjadi 5 negara bagian dengan presiden setiap negara bagian masing – masing dan ibukota akan berpindah ke Nebraska. Menurutnya, kota – kota besar di Amerika Serikat akan hancur begitupun di Eropa, Cina, dan Timur Tengah. Sedangkan negara – negara yang tidak terlibat perang dunia ke – 3 adalah negara – negara di benua Amerika Selatan, Australia, dan New Zealand. Perang ini akan menghilangkan populasi dunia sekitar 3 milyar jiwa.
  8. Cina akan mengambil kesempatan emas saat Amerika Serikat sedang kacau dengan perang saudaranya. Cina akan menjajah Taiwan, Korea, dan Jepang. Tanda – tanda ke arah itu sudah muncul pada masa sekarang namun belum terbukti. Cina telah menghabiskan banyak uang untuk memperbaharui persenjataannya hingga Amerika Serikat penasaran.
  9. Setelah perang dunia ke – 3 berakhir, barang – barang seperti printer manual, sepeda, perahu dayung, dan peralatan kerja tangan akan sangat berguna. Kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) sudah tidak digunakan lagi, kebanyakan orang menggunakan sepeda untuk alat transportasinya.
  10. John mengatakan bahwa Olimpiade Athena 2004 adalah Olimpiade yang terakhir dan akan kembali digelar pada tahun 2040. Hal ini sempat membuat orang percaya karena Olimpiade Beijing 2008 belum tentu dilaksanakan sebab masih banyak protes dari dunia mengenai sikap pemerintah Cina terhadap Tibet. Namun prediksi John kembali salah setelah sukses dilaksanakannya Olimpiade Beijing 2008.
  11. Penyakit sapi gila akan mewabah dan makin parah serta sulit dihentikan di tahun 2036, karena penyakit ini dapat berdiam dalam tubuh manusia selama 30 tahun lebih dan mulai bereaksi saat kita menjelang tua. Adapula penelitian pada suku Fore, salah satu suku di negara Papua Nugini yang menunjukkan bahwa kuman penyebab sapi gila bisa bersembunyi di dalam tubuh manusia selama 56 tahun tanpa menunjukkan gejala. Banyak orang suku Fore terkena penyakit serupa sapi gila akibat kanibalisme. Namun mereka hidup puluhan tahun sebelum akhirnya mati mengenaskan, yaitu paranoid, menjadi gila terlebih dahulu lalu meninggal. Para ahli berteori bahwa kemungkinan besar orang akan bisa mengidap sapi gila tanpa mengetahuinya selama puluhan tahun. Dan saat penyakit tersebut sudah “matang”, maka takkan tertolong lagi.
  12. Penyakit AIDS masih belum ada obatnya pada tahun 2036. Penyakit kanker sudah bisa di atasi dengan menggunakan virus yang melawan kanker itu sendiri. Dan pada tahun 2007 di Calgary, Canada, beberapa ilmuwan mengembangkan virus yang bisa dipakai untuk menyerang sel kanker bernama Virus VSV (Vesicular Stomatitis Virus ). Virus ini berhasil memerangi sel kanker pada tikus – tikus percobaan.
  13. Makanan dan air bersih sangat sulit didapatkan akibat radiasi nuklir. Di tahun 2036, setiap orang akan sangat berhati – hati dengan makanan dan minuman yang akan dikonsumsinya. John mengatakan bahwa dia sangat ketakutan karena di tahun 2000 – 2001, dia melihat orang dapat memesan makanan sesuka hatinya seperti di restoran fast food atau junk food tanpa mengecek kesehatan makanan tersebut terlebih dahulu. Buah – buahan biasa masih aman untuk dikonsumsi di tahun 2036.
  14. Di masa depan, kehidupan bertani akan kembali, orang akan menjadi sangat religius, dan banyak orang yang menyesalkan Perang Dunia ke – 3 terjadi hanya karena permainan politik belaka dan tidak menghasilkan apa – apa.
  15. John pernah mengatakan bahwa di New York akan ada gedung pencakar langit yang akan hilang dalam waktu dekat dan tidak ditemukannya senjata pemusnah massal di timur tengah akan tetap membuat politik Amerika Serikat untuk terus berperang. Kedua hal tersebut kemudian terjadi mengingat tragedi 11 September 2001 dan tidak ditemukannya senjata pemusnah massal yang dituduh oleh George Bush di Irak.
  16. Perkembangan Informasi dan Teknologi (IT) akan sangat berkembang. Dia mengatakan bahwa akan banyak orang yang membuat video mereka sendiri dan di masukkan ke dalam internet. Hal tersebut telah dibuktikan dengan adanya situs youtube, metacafe, dan yang lainnya. Lalu, sistem internet nanti akan independen dengan hanya menggunakan alat kecil dengan bantuan tenaga matahari dan dapat memancarkan sinyal sejauh 60mil. Sistem yang dimaksud adalah wi-max.
  17. Di tahun 2036, energi hidrogen dan energi panas matahari berperan sangat penting dan lebih efisien.
  18. Anda baru saja melewati bencana yang cukup besar, coba pikirkan kembali apa yang ditakuti 1- 1,5 tahun yang lalu (tahun 1999). Menurut milis di forum, yang dimaksud adalah bencana Y2K. Mereka menyatakan bahwa John telah kembali ke tahun 1975 untuk memberitahu para imuwan tentang bencana Y2K.
  19. Menurut John, kehidupan sosial di tatanan masyarakat sekarang sangat parah, karena kita semua sangat malas, egois, individualis, acuh untuk bersosialisasi seperti domba, dan banyak orang yang menghabiskan waktu untuk hal – hal yang tidak berguna. Cobalah untuk bangun dan melihat keadaan di sekeliling kita bahwa kondisi alam makin rusak, bumi ini sedang sekarat.
  20. Di tahun 2036, tidak ada organisasi kesehatan yang akan melindungi kita. Apabila anda sakit parah, bersiap – siaplah untuk menggali lubang kubur anda sendiri.
  21. Temperatur dan suhu di dunia akan menjadi lebih dingin.
  22. Saya tahu tentang prediksi bangsa Maya tentang tahun 2012. Memang sesuatu hal yang unik akan terjadi, kira – kira seperti cerita tentang laut merah dan orang Mesir. Tapi hal itu tidak akan membuat dunia ini kiamat.
  23. Perusahaan seperti Yahoo dan Microsoft tidak akan ada lagi pada tahun 2036. 
  24. Hingga tahun 2036, kita masih tidak menemukan apa – apa di planet mars. Begitu pun tentang ufo yang masih menjadi misteri walaupun para ilmuwan di tahun 2036 pernah menyatakan bahwa ufo juga adalah para time traveler dari masa depan dan alien adalah manusia yang telah berevolusi akibat perubahan alam, radiasi, maupun akibat perang. Para alien memiliki struktur tubuh dan organ - organ internal yang sama dengan manusia.

Adapun beberapa hal yang disarankan oleh John Titor kepada kita untuk kita lakukan agar kehidupan kita menjadi lebih baik, namun tetap saja tidak akan bisa mengubah masa depan yang telah dialami oleh John Titor. Keputusan apapun yang dibuat di masa kini, tidak akan mempengaruhi kehidupan di masa depan karena jawaban dari semua pilihan itu sudah terlihat olehnya. Berikut adalah beberapa saran yang dikemukakan oleh John Titor kepada kita;

  • Jangan makan atau menggunakan produk dari binatang yang diberi makan atau makan dari bangkai sesama jenisnya.
  • Jangan mencium atau berhubungan intim dengan orang yang anda tidak kenal.
  • Belajarlah dasar – dasar sanitasi dan penjernihan air.
  • Biasakanlah menggunakan senjata api, belajar menembak, dan membersihkan senjata api.
  • Selalu sediakan kotak P3K dan belajarlah untuk menggunakannya.
  • Carilah 5 orang sahabat yang anda percaya dalam radius 100mil dan selalu berkontak dengan mereka.
  • Ambilah salinan Undang – Undang Amerika Serikat dan bacalah.
  • Kurangilah kebiasaan makanan anda yang berlebihan.
  • Carilah sepeda dan 2 set ban cadangan, bersepedalah 10 mil setiap minggu.
  • Pikirkanlah kembali apa yang harus anda bawa jika kamu harus meninggalkan rumah dalam waktu 10 menit dan tidak akan pernah kembali lagi.

 

Sumber:

- http://www.johntitor.com/

- http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=6218&post=1

- http://johntitor.strategicbrains.com/

- http://misteridunia.wordpress.com/2008/10/11/john-titor-penjelajah-waktu/


4 Comments so far
Leave a comment

hmm..komen apaan nih?

Comment by Rinus Muntu

minta photo yang menyatakan bahwa kehidupan di tahun 2036 itu benar benar ada…..
tolong ya…..

Comment by febri

Menarik sekali apa yg diungkapkan john tentang masa depan, apalagi beberapa hal2 yang benar2 terjadi d masa kini, meskipun john bukan benar2 dr masa depan saya pikir john punya pengetahuan luas dan kemampuan prediksi yg cukup hebat, atau sepertinya john adalah seorang anggota intelijen AS di bidang teknologi.

Comment by Spyder




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: