Wordpress Blog of Rinus Muntu


Resensi Buku “Fidel Castro: 60 Tahun Melawan Amerika”
June 2, 2009, 9:12 PM
Filed under: Resensi Buku dan Film

Buku ini menceritakan tentang latar belakang Fidel Castro, kegigihannya dalam memberontak demi kepentingan rakyat banyak, dan tentang awal hingga akhir masa kepemimpinannya sebagai presiden Kuba. Beliau merupakan sosok yang sangat luar biasa dalam bidang kepemimpinan. Beliau memiliki nama lengkap Fidel Alejandro Castro Ruz lahir pada 13 Agustus 1926 di kota Biran, Kuba. Beliau menjabat jabatan penting sebagai presiden Kuba sejak tahun1976 hingga 2008.

Beliau juga merupakan sosok yang pemberani dan anti korupsi dimana sang penulis berkata bahwa dia membunuh semua antek-antek pendahulunya, Fulgencio Batista, yang kerap kali berbuat korupsi sehingga menyengsarakan ekonomi rakyat Kuba. Fidel lahir di dalam keluarga Katolik dan dididik secara Katolik, namun beliau sebenarnya adalah seorang atheis dan seorang komunis karena terpengaruh oleh faham komunis dari Uni Soviet, sekutunya.

Fidel juga mendapatkan sebutan ‘Robin Hood dari Sierra Maestra’ karena beliau menolong para petani miskin dengan mengadili orang-orang kaya di dalam sebuah pengadilan palsu. Setelah itu, tanah-tanahnya diberikan kepada para petani miskin.

Beliau juga merupakan seseorang yang pintar, dibuktikan setelah menamatkan studinya di bidang hokum. Setelah meraih doktor pada bidang hukum di tahun 1950, beliau memprotes dan memimpin gerakan bawah tanah anti-pemerintah atas pengambil-alihan kekuasaan lewat kudeta kepada presiden Kuba saat itu, Fulgencio Batista, pada tahun 1952. Dan kemudian pada tahun 1953, beliau memimpin serangan ke barak militer Moncada Santiago de Cuba, namun gagal. Sebanyak 69 orang dari 111 orang yang ikut dalam gerakan tersebut tewas dan beliau dipenjara selama 15 tahun. Hal ini menunjukkan kepeduliannya terhadap nasib rakyat Kuba yang saat itu menderita akibat para petinggi di Kuba banyak melakukan tindakan korupsi. Fenomena ini juga terjadi di Indonesia namun tidak ada satupun rakyat Indonesia yang berani berbuat tegas seperti Fidel Castro.

Di dalam buku ini juga menceritakan bahwa setelah beliau mendapatkan pengampunan dan dibebaskan pada 15 Mei 1955, beliau langsung memimpin upaya penggulingan kediktatoran Batista. Perlawanan ini kemudian dikenal dengan Gerakan 26 Juli. Pada 7 Juli 1955, ia lari ke Meksiko dan bertemu dengan pejuang revolusioner terkenal asal Argentina, Ernesto ‘Che’ Guevara.

Menurut buku tersebut, sosok Fidel Castro merupakan sosok yang amat sangat anti dengan Amerika Serikat dimana beliau membenci system ekonomi kapitalis. Di luar Kuba, Castro mulai menggalang kekuatan untuk melawan dominasi Amerika Serikat dan bekas negara Uni Soviet. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, cita-cita untuk menggalang kekuatan untuk melawan dominasi Amerika Serikat mulai diwujudkan dengan bertemu Hugo Chavez di Venezuela dan Evo Morales dari Bolivia.

Diceritakan bahwa kondisi fisik Fidel Castro sempat menurun setelah jatuh ketika berpidato pada 2004. Waktu itu, lutut kiri dan lengan kanannya terluka. Mendekati hari ulang tahun beliau yang ke-80 pada 13 Agustus 2006, beliau menyerahkan tampuk kepemimpinannya untuk sementara waktu kepada adiknya, Raúl Castro, menjadi sebagai Presiden Kuba. Penyerahan kekuasaan ini merupakan penyerahan kekuasaan untuk pertama kalinya sejak beliau memerintah Kuba pada tahun 1959.

Demikianlah apa yang disampaikan oleh sang penulis, A. Pambudi, mengenai sosok Fidel Castro yang keras dan disegani oleh negara-negara lain karena keuletannya dalam menjunjung tinggi rakyat kecil dan dapat menstabilkan kondisi ekonominya tanpa harus bergantung kepada kekuatan Amerika Serikat.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: