Wordpress Blog of Rinus Muntu


Resensi Film “Gallipolli” (1981)
June 2, 2009, 8:59 PM
Filed under: Resensi Buku dan Film

Film ini adalah sebuah film yang disutradarai oleh Peter Weir, seorang warga negara Australia dan film ini dibuat pada tahun 1981 untuk mengenang para tentara ANZAC (Australia New Zealand Army Corps) yang gugur akibat perang melawan tentara Turki di dalam perang dunia ke-1. Adapun para pemeran dalam film ini adalah para bintang-bintang film terkenal pada masa kini yaitu Mel Gibson dan Mark Lee. 

Film ini menceritakan kondisi dua tentara ANZAC dimana mereka belum mengikuti perang hingga akhirnya mereka dengan terpaksa harus mengikuti perang ini untuk melindungi tentara Inggris yang ingin melewati daerah Gallipolli tersebut. Disini terlihat bagaimana nasionalisme tentara Australia yang menamakan diri mereka sendiri (Australian Army Corps) yang menunjukkan bahwa mereka adalah orang Australia, bukan lagi orang-orang pendatang di daerah tersebut. Mel Gibson berperan sebagai Frank Dunne Judd dan Mark Lee berperan sebagai Archy Hamilton. Diceritakan bahwa mereka berdua bertemu di dalam sebuah karnaval atletik. 

Sebenarnya, kondisi perang di film ini tidak terlalu diceritakan dan hanya digunakan sebagai latar belakang untuk menceritakan 2 anak muda saat itu yang ikut dari Australia le Gallipolli. Film ini dibagi menjadi 3 latar tempat yaitu yang pertama saat berada di Australia Barat, lalu menuju Mesir, dan yang terakhir adalah di Gallipolli (Turki).

 Di dalam film ini juga terlihat bagaimana arogansi tentara Inggris yang sudah takut untuk maju dan rela mengorbankan tentara ANZAC yang belum berpengalaman dalam berperang. Saat itu, tentara Inggris masih menganggap bahwa tentara ANZAC atau warga Australia pada umumnya adalah keturunan budak yang tidak patut untuk dihargai.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: