Wordpress Blog of Rinus Muntu


Resensi Film “Knowing” (2009)
June 3, 2009, 8:28 AM
Filed under: Resensi Buku dan Film

Film yang disutradarai oleh Alex Proyas ini merupakan film drama fiksi yang cukup menegangkan dan juga mengandung makna. Pemeran utama dalam film ini adalah John Koestler yang diperankan oleh Nicolas Cage, seorang aktor Hollywood kawakan asal Amerika Serikat. Lama pemutaran film ini sekitar 2 jam.

Berawal dari seorang guru di sebuah sekolah dasar yang memberi ‘pekerjaan sekolah’ kepada para muridnya untuk menggambar imajinasi mereka tentang semua yang mereka impikan di 50 tahun mendatang. Adapun seorang murid wanita yang menuliskan angka-angka saja, bukan menggambar. Dan setelah semua murid menyelesaikan gambarnya, dimasukkanlah gambar-gambar mereka di dalam sebuah ‘kapsul waktu’ dan disimpan oleh pihak sekolah untuk dibuka 50 tahun mendatang.

Setelah waktu berlangsung selama 50 tahun, kapsul tersebut kembali dibuka oleh pihak sekolah pada saat itu dan pembukaan kapsul ini juga dihadiri oleh para orang tua murid dan seorang guru senior yang memberikan tugas pada murid-muridnya sewaktu 50 tahun lalu. Caleb Koestler, mendapatkan kertas berisikan angka-angka tersebut dan sejak saat itu Caleb sering dibayang-bayangi oleh para pria yang tidak dikenal. Ayah dari Caleb, John Koestler, melihat apa yang didapatkan oleh anaknya tersebut. Karena seorang dosen matematika, John sangat berminat dengan angka-angka yang ada pada kertas tersebut. Betapa kagetnya John ketika ia memeriksa maksud dari angka-angka tersebut adalah deskripsi kejadian-kejadian selama 50 tahun terakhir dan selanjutnya. Banyak kejadian-kejadian yang tertulis dibalik angka-angka tersebut, salah satu contohnya adalah Tragedi WTC 11 September 2001. John juga menemukan kejadian-kejadian lain dibalik angka-angka tersebut yang akan terjadi di masa yang akan datang dan seperti layaknya ramalan.

Ternyata angka-angka tersebut dapat teruji akurasinya ketika John melintasi sebuah jalan raya yang sedang mengalami kemacetan dan tiba-tiba ada sebuah pesawat terbang yang jatuh dan menewaskan sejumlah orang yang sesuai dengan apa yang tertulis di balik angka-angka tersebut.

Kisah ini berlangsung terus hingga pada akhirnya ada angka-angka terakhir dimana tertulis bahwa semua orang di bumi harus mengalami ajalnya. John dan anaknya berupaya menyelamatkan diri. Dan ternyata, para pria tak dikenal yang mengikuti Caleb adalah orang-orang yang berasal dari luar angkasa yang datang ke bumi untuk menyelamatkan anak-anak kecil, hanya anak kecil, yang akan dibawa kepada dunia yang baru, yang belum dihuni oleh satu manusia pun. Ajal pun tidak dapat dihindari oleh seluruh umat manusia di bumi, termasuk John.


1 Comment so far
Leave a comment

hmmmm.. kalau saya kasih komment pasti ada hubungannya dengan kepercayaan semua agama.. jadi ya komment ya itu seperti yg anda pikirkan. begitu juga didalam film the war of the world.

Comment by Gibrael




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: