Wordpress Blog of Rinus Muntu


Pemain Sepakbola Keturunan Indonesia
June 30, 2009, 1:36 AM
Filed under: Essay

Sepakbola merupakan olahraga Internasional yang diminati di seluruh bagian di planet ini. Sepakbola juga dapat membuat sebuah negara menjadi dipandang di mata Internasional. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki minat yang tinggi terhadap dunia sepakbola baik dalam maupun luar negeri. Namun sejak kemerdekaannya, Indonesia tidak pernah lagi mengikuti ajang sepakbola termegah di dunia seperti Piala Dunia. Mengapa hal itu terjadi? Ada beberapa faktor seperti masih dipertahankannya Nurdin Halid sebagai Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) ketika ia dipenjara menjadi sebuah tanda tanya besar sehingga membuat FIFA (Federation Internationale de Football Association) sebagai dewan tertinggi dalam dunia sepakbola pun geram.

Kurang adanya perhatian pemerintah terhadap dunia sepakbola dalam negeri pun juga menjadi salah satu faktor sepakbola Indonesia yang terlihat seperti ‘jalan di tempat’, atau bahkan ‘jalan mundur’. Kualitas pemain lokal pun tidak sebanding dengan pemain-pemain taraf Asia lainnya seperti Jepang, Korea Selatan, Irak, Australia (terhitung menjadi anggota Asian Football Confederation [AFC] sejak tahun 2006), Cina, dan Saudi Arabia. Rencana Nurdin Halid pada tahun 2006 untuk menasionalisasikan pemain-pemain keturunan Indonesia yang berada di luar negeri pun belum ada realisasinya hingga saat ini.

Apabila ingin lebih diteliti lagi, banyak sekali pemain-pemain sepakbola keturunan Indonesia yang berada di luar negeri yang dapat menjadi penolong bagi kemajuan dunia sepakbola Indonesia dan menaikkan martabat Indonesia di mata Internasional. Dari banyaknya pemain sepakbola keturunan Indonesia yang bergentayangan di Eropa, terutama di Belanda, berikut adalah pemain-pemain Indonesia yang masih memiliki kesempatan bermain bagi Tim Nasional Sepakbola Indonesia / PSSI:
1. Irfan Bachdim – Gelandang – FC Utrecht
2. Donovan Partosubroto – Kiper – Ajax Amsterdam
3. Radja Nainggolan – Striker – Piacenza
4. Marvin Wagimin – Belakang – VVV Venlo
5. Yoram Pesulima – Belakang – Vitesse
6. Raphael Tuankotta – Belakang – BV Veendam
7. Estefan Pattinasarany – Belakang – AZ Alkmaar, dan masih banyak yang lainnya.

Adapun Jajang Mulyana kini bermain di dalam klub sepakbola Brazil yang cukup terkenal, Boavista.

Dari seluruh pemain tersebut, ternyata adapula pemain-pemain kelas dunia yang juga ternyata berdarah Indonesia seperti Denny Landzaat, Giovanny van Bronkhorst, Robin Van Persie, Jeffrey Leiwakabessy, Delano Hill, John Heitinga, Sergio Van Dijk, Bobby Petta, dan Michael Mols.

Hal ini sangat disayangkan mengingat kondisi sepakbola di Tanah Air yang memprihatinkan. Bukannya ingin merendahkan kualitas pemain lokal yang memang bermain bagi klub lokal, namun kita juga harus dapat mengandalkan segala sesuatu yang masih bisa kita raih selama kesempatan itu masih terbuka lebar bagi kita demi kemajuan kita sendiri. Tidak ada salahnya mempatenkan mereka-mereka yang masih berada di luar negeri untuk memperkuat timnas kita sehingga kita bisa mengikuti kompetisi akbar Piala Dunia, setidaknya menjadi juara Piala Asia terlebih dahulu.

Sumber:

http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-21138.html


1 Comment so far
Leave a comment

Saya keturunan Indonesia asli, tapi sayang nya g bisa main bola sepak😛

Comment by johan




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: